Deretan Prestasi Film ’27 Steps of May’, Segera Tayang di Brawijaya Movie Exhibition VOL. 6

ZETIZENID – Film karya Rhavi Bharwani berjudul ‘27 Steps of May’ yang tayang di bioskop Indonesia pada 27 April 2019 lalu bakal tayang lagi di festival film lokal, Brawijaya Movie Exhibition (BME), Sabtu (5/10) ini.

Tak tanggung-tanggung, sang sutradara dan produser akan hadir untuk mendiskusikan film garapannya tersebut bareng komunitas film dan pengunjung yang hadir.

Film yang bercerita tentang trauma May (Raihaanun) atas kekerasan seksual yang pernah dialaminya saat ia berusia 14 tahun ini berhasil menembus berbagai festival film internasional dan menyabet sejumlah penghargaan. Dikutip zetizen.id dari berbagai sumber, berikut prestasi ’27 Steps of May’ yang perlu kamu tahu!

Golden Hanoman Award di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2019

Di antara 18 film lain yang memperbutkan kategori paling bergengsi di Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2019, 27 Steps of May berhasil memenangkan penghargaan Golden Hanoman Award. Penghargaan tersebut diberikan untuk film Asian Feature terbaik.

New Hope Award dan Best Actor dari Malaysia International Film Festival (MIFFA) 2019

Film yang terinspirasi dari peristiwa pemerkosaan tahun 1998 ini dianugerahi penghargaan New Hope Award, kategori penghargaan untuk film yang memiliki pesan kuat dan inspirasional. Selain itu, Lukman Sardi sebagai bapak May juga memenangkan piala Best Actor di Malaysia International Film Festival tahun ini.

Tayang di Festival Film Internasional 3 benua

Masyarakat Indonesia patut bangga! Film karya anak bangsa ini berhasil keliling ke 3 benua. Setelah tayang perdana di Busan International Film Festival di Kora Selatan pada 2018 lalu, film ini lanjut berkelana ke festival film internasional lain, seperti Cape Town Festival di Afrika Selatan dan Goteborg Film Festival di Swedia.

Raihaanun Jadi Best Actrees di AIFFA 2019

Tak hanya bapak, Raihaanun (May) juga sukses menyabet piala Best Actrees dalam ajang ASEAN International Film Festival & Award 2019 (AIFFA) yang diadakan di Sarawak, Malaysia. Meski tak dapat hadir langsung, Lukman Sardi mewakili sang anak yang ‘tak bisa keluar rumah’.

Calon Seleksi Oscar dari Indonesia

Bareng film Ave Maryam dan Kucumbu Tubuh Indahku, 27 Steps of May jadi 3 besar yang telah diseleksi Komite Oscar 2019 untuk mewakili Indonesia di 92nd Oscars International Feature Film Award. Sayangnya, film ini masih kalah saing dengan Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugraha.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia